Ternyata Mengurangi Asupan Karbohidrat Itu Penting. Ini Alasannya!

Lemak seringkali dianggap sebagai biang keladi dari penambahan berat badan dan masalah-masalah kesehatan lainnya. Padahal, masalahnya buk...

Lemak seringkali dianggap sebagai biang keladi dari penambahan berat badan dan masalah-masalah kesehatan lainnya. Padahal, masalahnya bukan pada lemak, melainkan karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat, bukan lemak, akan lebih efektif menurunkan berat badan, menurut studi terbaru dari Harvard University.

Penelitian terbaru yang dirilis dalam jurnal Lancet Diabetes & Endocrinology ini, meneliti 60 ribu para pelaku diet yang mengurangi konsumsi roti, pasta dan kentang. Peneliti menemukan mereka dapat menurunkan berat badan lebih dari para pelaku diet yang mengurangi lemak seperti mentega dan keju.

"Berlawanan dengan dogma yang mengatakan bahwa seseorang harus lebih mengurangi lemak jika ingin menurunkan berat badan, penelitian ilmiah saat ini tidak mendukung teori "pengurangan lemak" sebagai lebih baik dari "pengurangan karbo" untuk program penurunan berat badan jangka panjang," kata salah satu peneliti, Dr Deirdre Tobias.

Makanan sumber karbohidrat mengandung jenis gula bernama glukosa. Di dalam tubuh, kelebihan glukosa akan disimpan sebagai lemak, membuat insulin bekerja ekstra keras dan jika terus dibiarkan akan menyebabkan obesitas. Obesitas, pada akhirnya, dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan stroke. Ketiganya masuk dalam daftar lima penyebab kematian terbesar di Indonesia (2013).

Fakta lain menyatakan, satu dari 50 orang dewasa muda di Indonesia menderita diabetes, satu dari 10 orang terkena pra-diabetes, empat dari enam orang diabetes tak sadar dirinya kena diabetes dan kondisi pra-diabetes akan menjadi diabetes dalam waktu empat sampai lima tahun jika tidak ada perubahan gaya hidup.

Salah satu perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah teliti dalam mengonsumsi karbohidrat, baik dari segi jumlah maupun jenis. Rata-rata orang dewasa dengan tingkat aktivitas normal, memerlukan 2.000 Kcal perhari atau setara dengan 300 gram karbohidrat. Sedangkan orang dewasa yang kelebihan berat dan ingin menurunkannya, dianjurkan mengonsumsi .1.500 Kcal atau setara dengan 180 gram karbohidrat. Tidak perlu takut lemas/low energy karena yang penting kalori tercukupi. Kalori bisa didapat dari protein dan sayur-sayuran.

Sayangnya, tanpa sadar seringkali kita mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Kebanyakan karena kita memilih jenis karbohidrat sederhana yang tinggi indeks glikemik tinggi.

Sebagai contoh, sumber-sumber karbohidrat sederhana yang tanpa sadar kita konsumsi secara berlebihan adalah : nasi, roti, pasta, mie, gorengan dan nasi goreng tek-tek.

Anda perlu mengurangi konsumsi karbohidrat setiap hari dengan snacking 2 jam sebelum makan. Pilih camilan tinggi serat dan low GI, 2 jam sebelum makan utama. Pilih makanan dengan kandungan kedelai dalam jumlah cukup yang akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat berlebih.
Name

Artis Indonesia Asyura Audisi Bakti Anak Banjarnegara Banjir Banjir Bandang Bank Sampah Banyumas Banyumasan Barlingmascakeb Batik Banyumas Bau Napas Bedah Buku Belalang Sembah Bencana Bencana Alam Beras Berburu Beringin Berprestasi Bhineka Tunggal Ika Bill Gates Binatang Bisnis Bisnis Online Blak-blakan Mencari Suami BNN Bojongsari Bonus Demografi Botol Plastik Bright Gas BSF Budaya Buku Elektronik Buku Elektronik Aksi Komik untuk KPK Buku Komik Buku Komik Pantang Korupsi Sampai Mati Bulu Mata BUMDES Bupati Banyumas Bupati Cantik Bupati Trenggalek Buruh Burung Gagak Busi cara pandang diet cerita Cilacap CPNS Cumlaude Daerah Daging Kambing Dana Desa Demo demonstrasi Desa Wisata Dialog Kepemudaan Diet diet ketat diet sehat Doktor Dongeng Anak EBooks Ekonomi Elpijji Melon Eskrim Facebook Stories Fakta Unik First Travel Fitur Baru Thumbnail Preview Video di Youtube Sangat Membantu foto: abcnews. Gado-gado Gajah Gaji Penyiar Radio Ganjar Pranowo Gas Gas Elpiji Gas Elpiji 3 Kg Gaya Hidup Gereja Gojek Google Drive Gorila Grasshopper Gubernur Jawa Tengah Gunung Slamet guru Guru dan Murid Haji Haji Backpacker Haji Tertua Hao Lina Harga Sayur Hari Batik Herbal Hercules Hewan Hidroponik Hiroshima University Hoax Sosmed Hujan Hukum Hype Ibadah Ibadah Haji Ibu Iriana Idul Adha Indoeskrim Indonesia Indonesian Idol Industri Info PNS Inspiratif Inspitrasi Institut Pertanian Bogor IPB Jalanan 3D Jasa Kirim Barang Jawa Tengah Jemaah First Travel Jemaah Haji Jembatan Cindaga Jendera Soedirman Jepang Jualan Kampung Abel Kampung Laut Cilacap Kampung Sidat Karang Taruna kasar Kasih Ibu Kebun Binatang Kekerasan Wartawan Keluarga Kementerian Kendaraan Kendaraan Bermotor Kepala Daerah Cantik Kepala Desa Kesalahan Kesalahan Orang Lain Kesehatan Kesehatan amp; Gaya Hidup Kesehatan Keluarga Ketika Sebagian Yang Berhaji Itu Kera dan Babi Khas Kisah Inspiratif Knalpot Komisi Pemberantasan Korupsi Kopi Korban Penipuan Korea Korea Selatan Korupsi KPK Kreasi Kriminalitas Kuda Kuliah Kuliner Kuliner Banyumas Kulkas Lalat Tentara Hitam Laudya Cynthia Bella Laut Lembaga lembut Liburan Guru Lionel Messi Literasi Literasi Media Lonceng Longsor Lowongan Lowongan CPNS Lowongan Pekerjaan LPG 3kg Lukisan 3D Lukisan karpet Persia maaf Mahasiswa Berprestasi makan sehat Makna Haji Malam Satu Suro Mangut Sidat Mantan Murid Marka Jalan Mas Kawin Mata Dewa Mekah memaafkan Memahami untuk Membasmi Meninggal Menteri Menu Sarapan MetroTV Mitos Mobil Mobil Manual Momen Romantis Monyet Motor murid Museum Tino Sidin Naga Lima Napas Narkoba nasi bikin gemuk Nelayan Kebumen dan Cilacap Nengat Nikah Siri Nilai Yang Kita Sandang Nomor Viral Nyangkut Obat Terlarang Ojek Online Ojek Pangkalan Online Operasi Zebra Opini Opini/Perspektif orang lain Orang Tua Ormas Panatai Widarapayung Pancasila Panda Panduan Dosen Pantai Pantai Cilacap Pasar Gombong Pasien Oplas Paus PDIP Pejalan Kaki Pelat Nomor Pelayan yang malas Pelestarian Batik Pembangunan Pencuri Sekolah Pendidikan Antikorupsi Pengusaha Malaysia Penipuan Penyanyi Pernikahan Pernikahan Artis Pernikahan Warga Perppu Perppu Ormas Pertamina Pertamina Cilacap Pertanian Pesawat Piala Dunia 2018 Piknik di Kumbinesia Pil PCC Pilbup Banyumas Pilih Santan apa Susu? Pilkada Pilkada Banyumas Pizza pltpb banyumas Pohon Beringin Pojok Baca Pola Pikir Polisi Tidur Politik Politik Banyumas Polres Banyumas Presiden Jokowi Presiden Sukarno Profesor Pull Up Purbalingga Purwokerto Putusan MK Radio Raisa Andriana Raja Arab Raja Salman Rambut Rekor Dunia relax Relax/Kepo Resensi amp; Buku Elektronik Resep Soto Kecik ruang tamu Rumah Kena Petir Rusia Saka Tunggal Sakit Gigi Sampah Organik Sandalwood Sarapan Sate Kambing Sate Kebo Sate Kerbau Sayuran Semua Bisa Beraksi Sepak bola Sepeda Dari Presiden Jokowi Serambi UMKM Serangga Sidat Asam Manis Simpan Telur Simpanse Siti Masitha Situs SMA Pekalongan SMP Pekalongan Sosok Soto Sokaraja Sportomotif Starbucks Stiker Happy Family Stiker Mobil Stok Aman Suap Sudirman Said Sujiwo Tejo Sukabumi Suporter Timnas surat dari anak Suro Suzuki Carry Swiss taksama Taman Safari Indonesia Tamu Tak Diundang Tanaman Herbal Tanaman Obat Tas Kayu Tegal Tekno & Inet Tekno amp; Inet teknologi Telur Teman Sekantor Teratai Tersangkut Tertib Lalu Lintas Timnas tips menata ruangan Tips Mengemudi tips praktis tokoh Transimisi Otomatis Transportasi Online Trotoar Tuswadi Ubur-ubur Ulang Tahun UMKM UMP Undang-Undang Unik Upah Urban Farming Usaha Cuci Mobil Usaha Cuci Motor Video Video Lucu Wali Kota Wartawan Wirausaha Wisata Wisata Pantai Wisataliner Yogurt Youtube
false
ltr
item
taksama.id: Ternyata Mengurangi Asupan Karbohidrat Itu Penting. Ini Alasannya!
Ternyata Mengurangi Asupan Karbohidrat Itu Penting. Ini Alasannya!
https://1.bp.blogspot.com/-Wz2_x8BpWE8/WwwRYKjW3CI/AAAAAAAAbw8/gtrSGGnvK2EAtZt5SvaqTOhYKSLZFr7egCLcBGAs/s640/Ternyata%2BMengurangi%2BAsupan%2BKarbohidrat%2BItu%2BPenting.%2BIni%2BAlasannya%2521.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Wz2_x8BpWE8/WwwRYKjW3CI/AAAAAAAAbw8/gtrSGGnvK2EAtZt5SvaqTOhYKSLZFr7egCLcBGAs/s72-c/Ternyata%2BMengurangi%2BAsupan%2BKarbohidrat%2BItu%2BPenting.%2BIni%2BAlasannya%2521.jpg
taksama.id
https://www.taksama.id/2018/04/ternyata-mengurangi-asupan-karbohidrat.html
https://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/2018/04/ternyata-mengurangi-asupan-karbohidrat.html
true
65439629817836164
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy