Penyakit Jantung; Mengenal, Mencegah dan Mengobati

Jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Beban biaya untuk mengobati penyakit ini juga sangat ...

Jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Beban biaya untuk mengobati penyakit ini juga sangat tinggi. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan langkah preventif untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.

Untuk mendukung langkah preventif ini, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Isman Firdaus pun mengenalkan rumus seperti deretan angka nomor telepon untuk mencegah terkena penyakit jantung.

"Untuk mencegah penyakit jantung, rumusnya kayak nomor telepon, dicatat ya, 035140530," kata Isman dalam jumpa pers acara Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) 2016 di Jakarta.

Angka 035140530 dijadikan pedoman dalam menjalankan gaya hidup sehat. Isman menjelaskan, angka 0 pertama maksudnya no smoking atau tidak merokok. Orang yang merokok memiliki risiko sakit jantung lebih besar.

Angka 3 adalah rumus untuk menjalani aktivitas fisik, minimal jalan kaki sebanyak 3 kali seminggu, selama 30 menit dan sejauh 3 kilometer. Olahraga teratur dapat menyehatkan jantung.

Angka 5, maksudnya makan lima porsi buah dan sayur, mulai dari pagi, siang, dan malam. Sayur dan buah-buahan merupakan makanan berserat yang baik untuk kesehatan jantung.

Kemudian, angka 140 itu maksudnya adalah batas tekanan darah. Usia di atas 30 tahun, menurut Isman, sebaiknya sudah mulai rutin cek tekanan darah. Tekanan darah yang normal, yaitu 140 mm/Hg.

Angka 5 berikutnya adalah batasan Kolesterol total, tidak boleh lebih dari 5 mmol. Kemudian angka 3, maksudnya kadar LDL atau Kolesterol jahat tak boleh lebih dari 3 mmol. Tingginya kadar Kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Sedangkan, angka 0 terakhir adalah no obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan badan merupakan faktor risiko terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung.


5 Tanda Jantung Anda Tak Bekerja Normal

Masalah jantung dapat terjadi secara diam-diam, datang tiba-tiba, dan tidak terduga. Walau sering kali ada informasi yang telah diberikan oleh tubuh, tak jarang hal itu justru diabaikan.

"Khusus untuk perempuan, tanda-tanda atau gejala gangguan jantung tidak selalu mengikuti pola klasik," kata Kerry Hildreth, MD, asisten profesor penuaan dan kesehatan jantung di University of Colorado School of Medicine.

Terlepas dari jenis kelamin Anda, mengetahui apa yang harus diketahui mengenai gangguan jantung ini adalah kunci.

Sebagai permulaan, selalu perhatikan tekanan darah dan Kolesterol. Demikian kata Paul Whelton, MD, seorang profesor epidemiologi di Tulane University School of Public Health.

Kemudian, waspada untuk satu atau lebih dari tanda-tanda potensi masalah sebagai berikut.

1. Nyeri dada atau nyeri otot

Tidak semua orang yang terkena serangan jantung terlihat seperti di film Hollywood (mencengkeram dada lalu jatuh ke lantai). Tekanan intens yang dirasakan, "Seperti ada gajah berdiri di dada Anda," kata Whelton, berarti Anda harus segera meminta bantuan medis.

Apabila merasa otot di dada Anda tertarik, itu bisa jadi dasar yang menandakan Anda terkena penyakit kardiovaskular. Demikian kata Ashley Simmons, MD, seorang ahli jantung di Rumah Sakit Universitas Kansas. Jadi, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda mengenai gejala ini.

Simmons mengatakan, nyeri yang diakibatkan masalah jantung tidak selalu menyakitkan. "Bisa saja terasa halus dan kadang menyebar ke bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan, leher, atau rahang."

"Nyeri dada yang muncul selama atau setelah olahraga atau ketika stres dan bertahan beberapa lama bisa menandakan adanya masalah dalam aliran darah," kata Simmons.

2. Sesak napas

Jika sebuah aktivitas ringan sudah membuat Anda sesak napas, padahal sebelumnya Anda mudah untuk naik dan turun tangga tanpa terengah-engah, bisa jadi itu berarti ada masalah pada jantung Anda.

"Saya meminta pasien untuk membandingkan aktivitas mereka hari ini dengan aktivitas mereka satu atau dua tahun lalu. Jika mereka melihat perubahan besar dalam napas mereka atau aktivitas yang mereka lakukan, itu mungkin adalah tanda bahwa ada sesuatu yang telah terjadi," kata Simmons.

Sesak napas yang datang pada saat Anda berbaring juga bermasalah (ini mungkin berarti adanya masalah pada katup jantung). Jadi, pastikan untuk menyampaikan masalah ini kepada dokter Anda agar menjadi perhatian.

3. Gejala seperti flu

"Mual, lelah, tubuh terasa dingin atau berkeringat, bisa menandakan peredaran darah dalam tubuh tidak cukup baik," kata Hildreth. Semua orang bisa saja mendapat gejala-gejala tersebut beberapa kali.

Namun, jika mendapati gejala ini setelah melakukan aktivitas fisik, segera temui dokter.

Sakit perut parah juga bisa menjadi peringatan. Penelitian menunjukkan, beberapa perempuan mengalami gangguan pencernaan selama beberapa hari sebelum terkena serangan jantung.

Karena tidak mengasosiasikan sakit perut dengan gangguan jantung, mereka menunda untuk mendapatkan pengobatan. Jika ragu, segera cari bantuan medis.

4. Pusing

Merasa pusing bisa menjadi tanda dari adanya penyumbatan atau masalah terkait katup jantung, terutama jika disertai dengan perasaan bahwa jantung Anda berdebar (palpitasi). Demikian jelas Simmons.

Merasa pusing setiap kali Anda berdiri dengan cepat juga dapat menjadi tanda akan terjadinya gangguan jantung. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of North Carolina.

5. Kelelahan atau sulit tidur

Banyak perempuan yang terkena serangan jantung merasa lelah selama minggu menjelang serangan. Mereka juga melaporkan "gangguan tidur," menurut sebuah studi dari University of Arkansas.

Pengobatan Jantung di Indonesia Tak Kalah dengan Luar Negeri

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menyatakan pengobatan jantung di Indonesia tak kalah dengan luar negeri.

Sayangnya, berobat ke luar negeri sering kali menjadi pilihan warga Indonesia, karena beranggapan teknologi dan keahlian dokter lebih baik daripada dalam negeri.

"Dianggapnya Indonesia teknologinya kalah. Padahal teknologi kita sama dengan negara lain. Yang terbaru itu TAVI atau penggantian katup, belum semua negara di Asia bisa melakukan ini," kata dr. Isman Firdaus, SpJP dalam jumpa pers acara Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) 2016 di Jakarta.

TAVI merupakan cara untuk mengatasi masalah katup jantung tanpa operasi pembedahan. Terknologi terbaru lain yang akan dikerjakan di Indonesia, yaitu memasang alat pacu jantung tanpa kabel. Saat ini, Indonesia pun tak kalah dari Singapura dan Malaysia untuk pengobatan jantung.

Ketua PERKI dr. Anwar Santoso, SpJP menambahkan, dokter-dokter kardiologi di Indonesia selalu memperbarui ilmu baru dari luar negeri. Misalnya, sudah bisa dilakukan metode untuk meningkatkan harapan hidup pasien gagal jantung seperti Percutaneus Coronary Intervention (PCI), teknologi Cardiac Resynchronization Therapy (CRT), dan Left Ventricular Assist Device (LVAD).

"Selain itu, dalam bidang pembuluh darah, teknologi Thoracic Endovascular Aortic Repair (TEFAR) dan Endovascular Aneurysm Repair (EVAR) membantu pasien dengan kasus ini," urainya lagi, dalam konferensi pers Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) ke 25, di Hotel Ritz-Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk penyakit jantung pada anak seperti kelainan bawaan, bisa dilakukan teknologi Patent Ductus Arteriosus (PDA), Amplatz Duct Occluder (ADO), dan Amplatz Septal Occluder (ASO).

Untuk diagnosis penyakit jantung menjadi lebih akurat juga sudah ada Transthoracic echocardiogram (TTE), Transesophageal echocardiography (TEE), Cardiac Magnetic Resonance Imaging (CMRI) dan Radio Nuclear Imagin. (/Kompas)
Name

Artis Indonesia Asyura Audisi Bakti Anak Banjarnegara Banjir Banjir Bandang Bank Sampah Banyumas Banyumasan Barlingmascakeb Batik Banyumas Bau Napas Bedah Buku Belalang Sembah Bencana Bencana Alam Beras Berburu Beringin Berprestasi Bhineka Tunggal Ika Bill Gates Binatang Bisnis Bisnis Online Blak-blakan Mencari Suami BNN Bojongsari Bonus Demografi Botol Plastik Bright Gas BSF Budaya Buku Elektronik Buku Elektronik Aksi Komik untuk KPK Buku Komik Buku Komik Pantang Korupsi Sampai Mati Bulu Mata BUMDES Bupati Banyumas Bupati Cantik Bupati Trenggalek Buruh Burung Gagak Busi cara pandang diet cerita Cilacap CPNS Cumlaude Daerah Daging Kambing Dana Desa Demo demonstrasi Desa Wisata Dialog Kepemudaan Diet diet ketat diet sehat Doktor Dongeng Anak EBooks Ekonomi Elpijji Melon Eskrim Facebook Stories Fakta Unik First Travel Fitur Baru Thumbnail Preview Video di Youtube Sangat Membantu foto: abcnews. Gado-gado Gajah Gaji Penyiar Radio Ganjar Pranowo Gas Gas Elpiji Gas Elpiji 3 Kg Gaya Hidup Gereja Gojek Google Drive Gorila Grasshopper Gubernur Jawa Tengah Gunung Slamet guru Guru dan Murid Haji Haji Backpacker Haji Tertua Hao Lina Harga Sayur Hari Batik Herbal Hercules Hewan Hidroponik Hiroshima University Hoax Sosmed Hujan Hukum Hype Ibadah Ibadah Haji Ibu Iriana Idul Adha Indoeskrim Indonesia Indonesian Idol Industri Info PNS Inspiratif Inspitrasi Institut Pertanian Bogor IPB Jalanan 3D Jasa Kirim Barang Jawa Tengah Jemaah First Travel Jemaah Haji Jembatan Cindaga Jendera Soedirman Jepang Jualan Kampung Abel Kampung Laut Cilacap Kampung Sidat Karang Taruna kasar Kasih Ibu Kebun Binatang Kekerasan Wartawan Keluarga Kementerian Kendaraan Kendaraan Bermotor Kepala Daerah Cantik Kepala Desa Kesalahan Kesalahan Orang Lain Kesehatan Kesehatan amp; Gaya Hidup Kesehatan Keluarga Ketika Sebagian Yang Berhaji Itu Kera dan Babi Khas Kisah Inspiratif Knalpot Komisi Pemberantasan Korupsi Kopi Korban Penipuan Korea Korea Selatan Korupsi KPK Kreasi Kriminalitas Kuda Kuliah Kuliner Kuliner Banyumas Kulkas Lalat Tentara Hitam Laudya Cynthia Bella Laut Lembaga lembut Liburan Guru Lionel Messi Literasi Literasi Media Lonceng Longsor Lowongan Lowongan CPNS Lowongan Pekerjaan LPG 3kg Lukisan 3D Lukisan karpet Persia maaf Mahasiswa Berprestasi makan sehat Makna Haji Malam Satu Suro Mangut Sidat Mantan Murid Marka Jalan Mas Kawin Mata Dewa Mekah memaafkan Memahami untuk Membasmi Meninggal Menteri Menu Sarapan MetroTV Mitos Mobil Mobil Manual Momen Romantis Monyet Motor murid Museum Tino Sidin Naga Lima Napas Narkoba nasi bikin gemuk Nelayan Kebumen dan Cilacap Nengat Nikah Siri Nilai Yang Kita Sandang Nomor Viral Nyangkut Obat Terlarang Ojek Online Ojek Pangkalan Online Operasi Zebra Opini Opini/Perspektif orang lain Orang Tua Ormas Panatai Widarapayung Pancasila Panda Panduan Dosen Pantai Pantai Cilacap Pasar Gombong Pasien Oplas Paus PDIP Pejalan Kaki Pelat Nomor Pelayan yang malas Pelestarian Batik Pembangunan Pencuri Sekolah Pendidikan Antikorupsi Pengusaha Malaysia Penipuan Penyanyi Pernikahan Pernikahan Artis Pernikahan Warga Perppu Perppu Ormas Pertamina Pertamina Cilacap Pertanian Pesawat Piala Dunia 2018 Piknik di Kumbinesia Pil PCC Pilbup Banyumas Pilih Santan apa Susu? Pilkada Pilkada Banyumas Pizza pltpb banyumas Pohon Beringin Pojok Baca Pola Pikir Polisi Tidur Politik Politik Banyumas Polres Banyumas Presiden Jokowi Presiden Sukarno Profesor Pull Up Purbalingga Purwokerto Putusan MK Radio Raisa Andriana Raja Arab Raja Salman Rambut Rekor Dunia relax Relax/Kepo Resensi amp; Buku Elektronik Resep Soto Kecik ruang tamu Rumah Kena Petir Rusia Saka Tunggal Sakit Gigi Sampah Organik Sandalwood Sarapan Sate Kambing Sate Kebo Sate Kerbau Sayuran Semua Bisa Beraksi Sepak bola Sepeda Dari Presiden Jokowi Serambi UMKM Serangga Sidat Asam Manis Simpan Telur Simpanse Siti Masitha Situs SMA Pekalongan SMP Pekalongan Sosok Soto Sokaraja Sportomotif Starbucks Stiker Happy Family Stiker Mobil Stok Aman Suap Sudirman Said Sujiwo Tejo Sukabumi Suporter Timnas surat dari anak Suro Suzuki Carry Swiss taksama Taman Safari Indonesia Tamu Tak Diundang Tanaman Herbal Tanaman Obat Tas Kayu Tegal Tekno & Inet Tekno amp; Inet teknologi Telur Teman Sekantor Teratai Tersangkut Tertib Lalu Lintas Timnas tips menata ruangan Tips Mengemudi tips praktis tokoh Transimisi Otomatis Transportasi Online Trotoar Tuswadi Ubur-ubur Ulang Tahun UMKM UMP Undang-Undang Unik Upah Urban Farming Usaha Cuci Mobil Usaha Cuci Motor Video Video Lucu Wali Kota Wartawan Wirausaha Wisata Wisata Pantai Wisataliner Yogurt Youtube
false
ltr
item
taksama.id: Penyakit Jantung; Mengenal, Mencegah dan Mengobati
Penyakit Jantung; Mengenal, Mencegah dan Mengobati
https://4.bp.blogspot.com/-P2P6apchuVA/WwwtlicNvtI/AAAAAAAAby8/ww52gJ64zosOozAX1zXxG1qF0NeY6M47gCLcBGAs/s640/Penyakit%2BJantung%253B%2BMengenal%252C%2BMencegah%2Bdan%2BMengobati.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-P2P6apchuVA/WwwtlicNvtI/AAAAAAAAby8/ww52gJ64zosOozAX1zXxG1qF0NeY6M47gCLcBGAs/s72-c/Penyakit%2BJantung%253B%2BMengenal%252C%2BMencegah%2Bdan%2BMengobati.jpg
taksama.id
https://www.taksama.id/2018/03/penyakit-jantung-mengenal-mencegah-dan.html
https://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/2018/03/penyakit-jantung-mengenal-mencegah-dan.html
true
65439629817836164
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy