7 Hal yang Penting Diketahui tentang Pradiabetes

taksama.id - Dalam pemeriksaan kesehatan fisik tahunan, ada baiknya untuk melakukan tes A1C, yaitu tes darah untuk mengukur kadar gula d...

taksama.id - Dalam pemeriksaan kesehatan fisik tahunan, ada baiknya untuk melakukan tes A1C, yaitu tes darah untuk mengukur kadar gula darah sebelumnya. Tes ini adalah salah satu tes untuk mendiagnosa diabetes dan pradiabetes.

Pradiabetes adalah gejala yang menunjukan, bahwa tubuh memiliki metabolisme gula darah (glukosa) yang kurang baik.

diabetes dan pradiabetes sangat lazim di AS, dengan presentase 49-52% orang memilikinya, kebanyakan bahkan tidak mengetahuinya. Itu mengapa beberapa ahli menyarankan, agar mereka yang berusia di atas usia 45 harus melakukan tes ini.

Walau secara statistik semuanya menujukan indikasi sehat (berat badan, diet, Kolesterol, glukosa dan lain-lain menunjukan angka baik) dan tidak ada riwayat keluarga diabetes.

Perlu diingat bahwa "Pre" tidak selalu menyebabkan "D". Penelitian telah menunjukkan, bahwa separuh orang yang mengalami gangguan toleransi glukosa dan sekitar dua pertiga dari mereka yang memiliki gangguan glukosa (keduanya tanda-tanda prediabetes yang ditentukan oleh pengujian) tidak berubah menjadi diabetes selama 10 tahun kedepan.

Berikut adalah 7 alasannya :

1. Anda perlu bakteri baik dalam usus.

Memiliki lebih banyak bakteri usus yang berhubungan dengan kesehatan metabolik dapat membantu mengontrol gula darah tubuh Anda, ungkap penelitian dari University of Illinois Medical Center di Chicago.

Ketidakseimbangan mikrobiota usus Anda (triliunan mikroba yang hidup di dalam saluran pencernaan) dapat memicu peradangan. Tipe bakteri yang sehat atau dan tidak sehat dalam usus saat ini masih diidentifikasi.

Di masa depan, bakteri usus ini mungkin dapat memprediksi risiko diabetes, laporan Elena Barengolts, MD, seorang profesor kedokteran di University of Illinois College of Medicine, yang memimpin studi tersebut.

Untuk mengatasinya :

Makan lebih banyak serat mampu meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas mikroba sehat dalam usus Anda. "Nenek moyang prasejarah kita makan 135 gram per hari," kata Barengolts.

The Institute of Medicine merekomendasikan 25 gram sehari untuk wanita dan 38 gram untuk laki-laki. Menurutnya, kebanyakan orang hanya mengonsumsi serat sebanyak 15 gram.

"Saya biasa mengonsumsi sayuran mentah seperti secangkir arugula atau kangkung setiap hari agar tetap sehat." Sumber serat lain termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan.

2. Hindari kebiasaan tidur larut malam.

Kurangnya tidur yang kronis merupakan faktor risiko yang diketahui untuk mereka yang terkena prediabetes dan diabetes, tetapi masih diperbolehkan untuk begadang sesekali (katakanlah, pesta atau menonton film favorit).

Peneliti Korea telah menemukan, bahwa wanita yang kerap tidur larut malam atau begadang memiliki lebih banyak lemak perut (yang meningkatkan risiko resistensi insulin) dan berisiko lebih besar terkena sindrom metabolik (konstelasi masalah kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes) dibandingkan perempuan yang tidur lebih awal.

Meskipun, kedua kelompok ini mendapat jumlah waktu tidur yang sama yakni sekitar 7 jam setiap malam.

Menjadi “burung hantu”, ungkap penelitian, cenderung membuat kita kurang berolahraga dan merokok lebih banyak. Penelitian lainnya mengaitkan larut malam dengan indeks massa tubuh lebih tinggi (BMI) dan kebiasaan diet kurang sehat.

Untuk mengatasinya:

Usahakan untuk tidur dibawah pukul 11 malam. Tidur lebih awal juga baik untuk membatasi kegiatan yang kurang sehat seperti mengurangi asupan kafein.

Matikan segala peralatan elektronik seperti televisi, gadget dan lampu satu jam sebelum tidur (cahaya mampu mengganggu tubuh untuk tidur). Jika memang terpaksa harus begadang, coba untuk menghindari kebiasaan buruk yang seperti ngemil, malas bergerak dan merokok.

3. Tidak semua lemak jenuh buruk.

Siapa yang tahu jika lumba-lumba dapat mengembangkan sindrom metabolik di alam liar? Untuk mengetahui apa yang mungkin terjadi, para ilmuwan di National Marine Mammal Foundation (NMMF) di San Diego memeriksa 49 lumba-lumba yang diberikan makanan tertentu.

Ternyata lemak jenuh yang disebut asam heptadecanoic atau margaric mampu menurunkan kadar insulin, glukosa, dan trigliserida (lemak darah yang tidak sehat) normal dalam waktu 24 minggu.

Para peneliti NMMF berspekulasi bahwa kurangnya asam lemak yang bermanfaat ini dalam diet kita sendiri bisa menjadi kontributor untuk sindrom metabolik manusia.

Untuk mengatasinya:

Makan makanan yang memiliki jumlah tinggi asam heptadecanoic seperti susu, yogurt, dan mentega. Juga ikan seperti mullet, herring, makarel. Jangan lupa konsultasi dengan dokter langganan Anda, tetapi mengonsum sedikit mentega, susu atau yoghurt akan membawa manfaat bagi kesehatan.

4. Golongan darah O negatif mungkin beruntung.

Sebuah penelitian dari lebih 82.000 orang guru di Prancis mengungkapkan bahwa wanita dengan golongan darah A dan B lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang bergolongan darah O.

Golongan darah tampaknya menjadi salah satu faktor genetik yang menentukan keseimbangan mikroba usus.

5. Rendahnya tingkat vitamin D bisa meningkatkan risiko.

Vitamin yang banyak didapat dari sinar matahari tidak hanya membantu tubuh menyerap kalsium, menjaga kesehatan tulang dan otot, serta menjaga sistem kekebalan yang kuat. Tetapi juga membantu metabolisme glukosa.

Dalam penelitian terbaru, kekurangan vitamin D merupakan faktor risiko untuk pradiabetes, terlepas dari kelebihan berat badan. Meskipun kini bermunculan suplemen, hal itu belum terbukti untuk menurunkan risiko prediabetes.

Barengolts berpikir, hal tersebut mungkin membuat perbedaan untuk prediabetes yang tingkat A1C berada di angka paling bawah.

Untuk mengatasinya :

Lakukan tes darah vitamin D. Tingkat 40 atau lebih (hingga 50) adalah yang terbaik, menurut Barengolts. Jika lebih rendah dari 40, diskusikan dengan dokter.

6. Suhu dingin lebih bagus.

Suhu dingin membantu mengaktifkan lemak tubuh yang berwarna coklat, yang merupakan megaburner kalori dan glukosa (tidak seperti lemak berwarna putih, yang hanya menyimpan kelebihan kalori).

Sebagian besar dari kita memiliki sedikit lemak coklat, biasanya pada sisi leher atau dekat tulang selangka, kata George L. King, MD, kepala ilmiah di Joslin diabetes Center dan penulis The diabetes Reset.

Studi menunjukkan, bahwa hanya 2 ons lemak coklat yang terbakar mampu menghilangkan beberapa ratus kalori dengan berolahraga hanya setengah jam!

Untuk mengatasinya :

Cara terbaik untuk membuang lemak berwarna coklat adalah latihan di tempat yang sejuk dengan suhu sekitar 16 - 17 ° C, kata King.

Jadi, turunkan suhu thermostat di rumah dan habiskan lebih banyak waktu di luar rumah dalam cuaca dingin.

7. Usia menjadi faktor risiko tersendiri.

Berikut adalah tiga alasan mengapa risiko prediabetes dan diabetes mulai beringsut naik di usia pertengahan dan melambung ketika mencapai usia 60-an :

1) Lebih banyak protein beredar dalam aliran darah, sehingga mengurangi sensitivitas terhadap insulin.

2) Deposito lemak di perut, otot, dan hati meningkat dari waktu ke waktu.

3) Massa otot berkurang, sebagian terjadi karena Anda kurang aktif.

Untuk mengatasinya :

Jangan lupa berolahraga (30-45 menit setiap hari atau lebih). Makan sehat, diet tinggi serat dan tidur awal di malam hari selama 7 jam atau lebih. (/Kompas)
Name

Artis Indonesia Asyura Audisi Bakti Anak Banjarnegara Banjir Banjir Bandang Bank Sampah Banyumas Banyumasan Barlingmascakeb Batik Banyumas Bau Napas Bedah Buku Belalang Sembah Bencana Bencana Alam Beras Berburu Beringin Berprestasi Bhineka Tunggal Ika Bill Gates Binatang Bisnis Bisnis Online Blak-blakan Mencari Suami BNN Bojongsari Bonus Demografi Botol Plastik Bright Gas BSF Budaya Buku Elektronik Buku Elektronik Aksi Komik untuk KPK Buku Komik Buku Komik Pantang Korupsi Sampai Mati Bulu Mata BUMDES Bupati Banyumas Bupati Cantik Bupati Trenggalek Buruh Burung Gagak Busi cara pandang diet cerita Cilacap CPNS Cumlaude Daerah Daging Kambing Dana Desa Demo demonstrasi Desa Wisata Dialog Kepemudaan Diet diet ketat diet sehat Doktor Dongeng Anak EBooks Ekonomi Elpijji Melon Eskrim Facebook Stories Fakta Unik First Travel Fitur Baru Thumbnail Preview Video di Youtube Sangat Membantu foto: abcnews. Gado-gado Gajah Gaji Penyiar Radio Ganjar Pranowo Gas Gas Elpiji Gas Elpiji 3 Kg Gaya Hidup Gereja Gojek Google Drive Gorila Grasshopper Gubernur Jawa Tengah Gunung Slamet guru Guru dan Murid Haji Haji Backpacker Haji Tertua Hao Lina Harga Sayur Hari Batik Herbal Hercules Hewan Hidroponik Hiroshima University Hoax Sosmed Hujan Hukum Hype Ibadah Ibadah Haji Ibu Iriana Idul Adha Indoeskrim Indonesia Indonesian Idol Industri Info PNS Inspiratif Inspitrasi Institut Pertanian Bogor IPB Jalanan 3D Jasa Kirim Barang Jawa Tengah Jemaah First Travel Jemaah Haji Jembatan Cindaga Jendera Soedirman Jepang Jualan Kampung Abel Kampung Laut Cilacap Kampung Sidat Karang Taruna kasar Kasih Ibu Kebun Binatang Kekerasan Wartawan Keluarga Kementerian Kendaraan Kendaraan Bermotor Kepala Daerah Cantik Kepala Desa Kesalahan Kesalahan Orang Lain Kesehatan Kesehatan amp; Gaya Hidup Kesehatan Keluarga Ketika Sebagian Yang Berhaji Itu Kera dan Babi Khas Kisah Inspiratif Knalpot Komisi Pemberantasan Korupsi Kopi Korban Penipuan Korea Korea Selatan Korupsi KPK Kreasi Kriminalitas Kuda Kuliah Kuliner Kuliner Banyumas Kulkas Lalat Tentara Hitam Laudya Cynthia Bella Laut Lembaga lembut Liburan Guru Lionel Messi Literasi Literasi Media Lonceng Longsor Lowongan Lowongan CPNS Lowongan Pekerjaan LPG 3kg Lukisan 3D Lukisan karpet Persia maaf Mahasiswa Berprestasi makan sehat Makna Haji Malam Satu Suro Mangut Sidat Mantan Murid Marka Jalan Mas Kawin Mata Dewa Mekah memaafkan Memahami untuk Membasmi Meninggal Menteri Menu Sarapan MetroTV Mitos Mobil Mobil Manual Momen Romantis Monyet Motor murid Museum Tino Sidin Naga Lima Napas Narkoba nasi bikin gemuk Nelayan Kebumen dan Cilacap Nengat Nikah Siri Nilai Yang Kita Sandang Nomor Viral Nyangkut Obat Terlarang Ojek Online Ojek Pangkalan Online Operasi Zebra Opini Opini/Perspektif orang lain Orang Tua Ormas Panatai Widarapayung Pancasila Panda Panduan Dosen Pantai Pantai Cilacap Pasar Gombong Pasien Oplas Paus PDIP Pejalan Kaki Pelat Nomor Pelayan yang malas Pelestarian Batik Pembangunan Pencuri Sekolah Pendidikan Antikorupsi Pengusaha Malaysia Penipuan Penyanyi Pernikahan Pernikahan Artis Pernikahan Warga Perppu Perppu Ormas Pertamina Pertamina Cilacap Pertanian Pesawat Piala Dunia 2018 Piknik di Kumbinesia Pil PCC Pilbup Banyumas Pilih Santan apa Susu? Pilkada Pilkada Banyumas Pizza pltpb banyumas Pohon Beringin Pojok Baca Pola Pikir Polisi Tidur Politik Politik Banyumas Polres Banyumas Presiden Jokowi Presiden Sukarno Profesor Pull Up Purbalingga Purwokerto Putusan MK Radio Raisa Andriana Raja Arab Raja Salman Rambut Rekor Dunia relax Relax/Kepo Resensi amp; Buku Elektronik Resep Soto Kecik ruang tamu Rumah Kena Petir Rusia Saka Tunggal Sakit Gigi Sampah Organik Sandalwood Sarapan Sate Kambing Sate Kebo Sate Kerbau Sayuran Semua Bisa Beraksi Sepak bola Sepeda Dari Presiden Jokowi Serambi UMKM Serangga Sidat Asam Manis Simpan Telur Simpanse Siti Masitha Situs SMA Pekalongan SMP Pekalongan Sosok Soto Sokaraja Sportomotif Starbucks Stiker Happy Family Stiker Mobil Stok Aman Suap Sudirman Said Sujiwo Tejo Sukabumi Suporter Timnas surat dari anak Suro Suzuki Carry Swiss taksama Taman Safari Indonesia Tamu Tak Diundang Tanaman Herbal Tanaman Obat Tas Kayu Tegal Tekno & Inet Tekno amp; Inet teknologi Telur Teman Sekantor Teratai Tersangkut Tertib Lalu Lintas Timnas tips menata ruangan Tips Mengemudi tips praktis tokoh Transimisi Otomatis Transportasi Online Trotoar Tuswadi Ubur-ubur Ulang Tahun UMKM UMP Undang-Undang Unik Upah Urban Farming Usaha Cuci Mobil Usaha Cuci Motor Video Video Lucu Wali Kota Wartawan Wirausaha Wisata Wisata Pantai Wisataliner Yogurt Youtube
false
ltr
item
taksama.id: 7 Hal yang Penting Diketahui tentang Pradiabetes
7 Hal yang Penting Diketahui tentang Pradiabetes
https://3.bp.blogspot.com/-AQjsFFmSoKc/Wwwvi8Y9w4I/AAAAAAAAbzo/taU9mbn5U6Y-POvtMuthHwnvuOX3w1xSACLcBGAs/s640/7%2BHal%2Byang%2BPenting%2BDiketahui%2Btentang%2BPradiabetes.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-AQjsFFmSoKc/Wwwvi8Y9w4I/AAAAAAAAbzo/taU9mbn5U6Y-POvtMuthHwnvuOX3w1xSACLcBGAs/s72-c/7%2BHal%2Byang%2BPenting%2BDiketahui%2Btentang%2BPradiabetes.jpg
taksama.id
https://www.taksama.id/2018/03/7-hal-yang-penting-diketahui-tentang.html
https://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/2018/03/7-hal-yang-penting-diketahui-tentang.html
true
65439629817836164
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy