"Duel" Ganjar-Sudirman Said di Kandang Banteng

taksama.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akhirnya menetapkan petahana Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah yan...

taksama.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akhirnya menetapkan petahana Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah yang bakal diusung pada Pemilihan Gubernur 2018.

Dipilihnya Ganjar sekaligus mengakhiri spekulasi bahwa PDIP tidak mau ambil risiko terhadap dugaan keterlibatan Ganjar dalam kasus korupsi KTP elektronik, apalagi Ganjar sendiri sudah lebih dari tiga kali dimintai keterangan sebagai saksi oleh penyidik KPK dalam kasus tersebut.

Dipilihnya Ganjar tersebut juga menandakan bahwa PDIP sangat yakin bahwa salah seorang kader terbaiknya tersebut memang tidak terlibat kasus gigakorupsi KTP elektronik yang diduga merugikan negara Rp2,9 triliun itu.

Dalam berbagai keterangannya, Ganjar memiliki argumentasi kuat bahwa dirinya tidak menerima suap. Bagi Ganjar, isu korupsi KTP elektronik ini sangat mengusik karena berlawanan dengan apa yang sudah dan sedang dilakukan untuk memberantas semua praktik suap dan korupsi.

Kendati punya alibi kuat, pemeriksaan dia di KPK dalam kasus tersebut dianggap menjadi semacam "slilit" (remah di sela gigi) untuk mendapatkan tiket bertarung kembali dalam Pilgub Jateng 2018.

Melihat sejumlah survei, publik Jawa Tengah tampaknya memang tidak terlalu terpangaruh dengan penyebutan Ganjar dalam kasus KTP elektronik.

Buktinya dari sejumlah nama yang mengemuka, termasuk Sudirman Said yang secara resmi sudah dicalonkan oleh koalisi empat partai politik, Ganjar dalam sejumlah survei memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi.

Hasil sigi oleh Lingkaran Survei Indonesia yang diumumkan pada 1 Desember 2017, misalnya, menunjukkan elektabilitas Ganjar paling tinggi, melampaui 50 persen dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain, termasuk dengan Sudirman Said.

Survei internal yang dilakukan oleh PDIP juga menunjukkan hasil serupa. Popularitas dan elektabilitas Ganjar melampaui sejumlah nama yang melamar melalui PDIP, misalnya, Bupati Kudus, Jawa Tengah, Musthofa, Bupati Sukoharjo Wardoyo, dan mantan Bupati Klaten Sunarna.

Jawa Tengah sebagai "kandang banteng" selama pilgub secara langsung juga membuktikan efektivitas mesin partai ini untuk memenangkan calon yang diusung.

Pada Pilgub 2008, misalnya, Bibit Waluyo yang diusung oleh PDIP bisa mengalahkan calon populer Bambang Sadono yang dalam survei sebelumnya memiliki popularitas tinggi.

Begitu pula pada Pilgub 2013, PDIP, yang kala itu mengusung Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko, kembali unggul atas petahana sekaligus calon populer Bibit Waluyo.

"Harus diakui bahwa mesin politik PDIP memang efektif untuk menggerakkan dukungan," ujar analis politik dari Universitas Diponegoro Mochmad Yulianto, beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, Ganjar di atas kertas memiliki peluang besar untuk kembali terpilih dalam Pilgub Jateng yang akan digelar pada 27 Juni 2018.

Namun, PDIP ternyata memilih politikus PPP Taj Yasin Maimoen Zubaer, sebagai pendamping Ganjar pada perhelatan Pilgub Jateng 2018.

Kombinasi nasionalis-santri bisa diperkirakan menjadi resep cespleng untuk mendulang kemenangan pada pilgub mendatang, meskipun PDIP harus merelakan kursi Cawagub ditempati kader PPP.

Bagi PDIP, kemenangan calon yang diusung di Jateng amat penting untuk menopang dukungan suara pada Pemilu dan Pilpres 2019.

Apalagi selama hampir 5 tahun menjabat, Ganjar yang memiliki kredo "Tuanku ya rakyat, Gubernur cuma mandat" itu aktif turun ke lapangan dan menemui warga.

Bila yang memimpin Jateng adalah kader sendiri, konsolidasi untuk tugas pemenangan Pemilu dan Pilpres 2019 jauh lebih ringan.

Pascareformasi, PDIP dalam setiap pemilu jauh mengungguli perolehan suara dari partai-partai lain, termasuk Partai Golkar yang selalu berjaya pada setiap pemilu pada Orde Baru.

Pada Pemilu 2014, misalnya, PDIP meraih 4.295.598 suara di Jateng sekaligus menempatkan 31 wakilnya di DPRD Provinsi Jateng.

Hanya PDIP yang bisa mengusung calon sendiri, sedangkan PKB, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PPP, dan PAN harus berkoalisasi untuk menembus syarat minimal dukungan 20 kursi untuk mengusung cagub-cawagub.

Selain popularitas dan elektabilitas, modal lain yang dimiliki Ganjar, yakni keaktifannya di media sosial, terutama di Twitter dengan sejuta pengikut dan Instagram 397.000 pengikut.

Keterlibatan di dunia media sosial ini penting karena hal itu menunjukkan seseorang juga hidup di jagat digital, dunia yang diselami anak muda.

Pada Pilgub Jateng 2013, Ganjar mendapatkan banyak suara dari banyak pemilih pemula dan muda. Pemilih ini mencitrakan Ganjar sebagai sosok yang gaul dan keren.

Oleh karena itu, dengan kemampuan dialog ke semua lapisan, termasuk dengan anak-anak muda, Ganjar pada kontestasi Pilgub Jateng 2018 -- dengan jumlah pemilih sebanyak 27.385.985 orang -- diperkirakan bakal merebut suara dari pemilih pemula dan muda.

Ikhwal kinerja Ganjar selama empat tahun lebih, bila merujuk pada indikator makro, patut diapresiasi. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan terjadi penurunan jumlah penduduk miskin, baik persentase maupun jumlahnya.

Pada 2013, jumlah penduduk miskin 4,811 juta jiwa (13,58 persen) lalu pada 2017 (September) menurun menjadi 4,197 juta jiwa (12,23 persen).

Indeks Pembangunan Manusia juga mengalami perbaikan, tercatat 68,02 pada 2013 terus merangkak menjadi 69,98 pada 2016, sedikit di bawah IPM Indonesia yang mencapai 70,18. Pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas 5 persen.

Ganjar juga cukup sukses membangun birokrasi yang bersih dan transparan. Langka pertama yang dilakuka memperbaiki tunjangan pegawai, kemudian lelang jabatan dari eselon I hingga IV, wajib lapor gratifikasi, mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Hasilnya, pelayanan publik di bawah Pemprov Jateng kian mudah, murah, dan cepat.

Dalam kesempatan berbeda, Ganjar mengaku tidak merasa berat jika harus "head to head" dengan pasangan Cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah pada Pilgub Jateng 2018.

"Berat dan ringan itu soal beban saja, kalau persepsi bebannya berat ya akan berat, tapi kalau (persepsinya) ringan ya ringan," katanya.

Ganjar sendiri tercatat telah mengalami tiga kontestasi politik dalam beberapa tahun terakhir, yakni dua kali di tingkat legislatif pusat dan satu kali di eksekutif.

Kendati demikian, sebagai penantang petahana Ganjar-Yasin, pasangan Cagub Sudirman Said-Ida Fauziyah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasangan Sudirman-Ida diusung empat partai politik, yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Seluruh kader dan jajaran kultural PKB diinstruksikan untuk terus meningkatkan elektabilitas Bakal Calon Wakil Gubernur Ida Fauziyah, pendamping Sudirman Said pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

Ketua DPW PKB Jawa Tengah Yusuf Chludori mengatakan bahwa PKB akan masuk ke pondok pesantren yang tersebar di Jateng dan juga pengajian di masyarakat sebagai upaya memenangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah pada pilkada mendatang.

Pria yang akrab disapa Gus Yusuf ini optimistis dengan berjalannya mesin politik PKB hingga ke tingkat ranting, maka elektabilitas Ida Fauziyah akan terus terangkat.

"Bu Ida ini bagian dari Jawa Tengah, suaminya adalah pejuang Nahdlatul Ulama di Jateng, tokoh NU juga," ujarnya.

Bersama dengan Bakal Cagub Sudirman Said, Ida mengaku akan mewujudkan Jateng lebih bermartabat dalam berbagai bidang.

"Permasalahan perempuan, kemiskinan, perceraian, pernikahan anak, dan masih banyak isu lain yang butuh keseriusan di Jateng, kini saatnya membangun Jateng lebih baik lagi," katanya.

Senada dengan PKB, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menginstruksikan seluruh kader di semua tingkatan untuk bekerja keras memenangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah.

Zulkifli mengaku akan turun langsung ke daerah-daerah di Jateng untuk konsolidasi dengan kader sebagai upaya pemenangan pasangan Sudirman-Ida pada pilkada mendatang.

Ia mengklaim bisa mengumpulkan sebanyak 15 ribu kader PAN pada konsolidasi pemenangan pasangan Sudirman-Ida yang dilaksanakan di Kota Semarang, Surakarta, Kabupaten Pemalang, Banyumas, dan Magelang.

Menurut dia, tiap kader PAN yang menjadi pengurus di tiap ranting mampu merekrut dua orang untuk bertugas berjaga di tempat pemungutan suara (TPS) saat pemungutan suara berlangsung.

Mulai saat ini, kader PAN juga diminta terus memperkenalkan pasangan Sudirman-Ida kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Pasangi rumah setiap kader dengan foto Sudirman Said, kita harus menang di Jateng," tegasnya.

Sementara itu, guna mengantisipasi perpecahan pada kalangan Nahdaltul Ulama karena PKB dan PPP mengusung pasangan bakal cagub yang berbeda bersama sejumlah partai politik, PWNU Jateng membebaskan para nahdliyin dalam menentukan pilihan politiknya pada pilkada mendatang.

Ketua PWNU Jawa Tengah Abu Hapsin menganggap adanya dua kader NU yang maju Pilkada Jateng 2018 itu merupakan sesuatu yang menjadi berkah bagi semua pihak.

"Saya kira kami menjadi bebas untuk memilih siapapun, mengenai perbedaan merupakan yang hal yang biasa," ujarnya.

Kendati demikian, PWNU Jateng melarang penggunaan lambang maupun atribut NU untuk berbagai kepentingan politik, apapun alasannya.

*Konten diambil dari Antara dengan tanpa mengubah isi. (redaksi)
Name

Artis Indonesia Asyura Audisi Bakti Anak Banjarnegara Banjir Banjir Bandang Bank Sampah Banyumas Banyumasan Barlingmascakeb Batik Banyumas Bau Napas Bedah Buku Belalang Sembah Bencana Bencana Alam Beras Berburu Beringin Berprestasi Bhineka Tunggal Ika Bill Gates Binatang Bisnis Bisnis Online Blak-blakan Mencari Suami BNN Bojongsari Bonus Demografi Botol Plastik Bright Gas BSF Budaya Buku Elektronik Buku Elektronik Aksi Komik untuk KPK Buku Komik Buku Komik Pantang Korupsi Sampai Mati Bulu Mata BUMDES Bupati Banyumas Bupati Cantik Bupati Trenggalek Buruh Burung Gagak Busi cara pandang diet cerita Cilacap CPNS Cumlaude Daerah Daging Kambing Dana Desa Demo demonstrasi Desa Wisata Dialog Kepemudaan Diet diet ketat diet sehat Doktor Dongeng Anak EBooks Ekonomi Elpijji Melon Eskrim Facebook Stories Fakta Unik First Travel Fitur Baru Thumbnail Preview Video di Youtube Sangat Membantu foto: abcnews. Gado-gado Gajah Gaji Penyiar Radio Ganjar Pranowo Gas Gas Elpiji Gas Elpiji 3 Kg Gaya Hidup Gereja Gojek Google Drive Gorila Grasshopper Gubernur Jawa Tengah Gunung Slamet guru Guru dan Murid Haji Haji Backpacker Haji Tertua Hao Lina Harga Sayur Hari Batik Herbal Hercules Hewan Hidroponik Hiroshima University Hoax Sosmed Hujan Hukum Hype Ibadah Ibadah Haji Ibu Iriana Idul Adha Indoeskrim Indonesia Indonesian Idol Industri Info PNS Inspiratif Inspitrasi Institut Pertanian Bogor IPB Jalanan 3D Jasa Kirim Barang Jawa Tengah Jemaah First Travel Jemaah Haji Jembatan Cindaga Jendera Soedirman Jepang Jualan Kampung Abel Kampung Laut Cilacap Kampung Sidat Karang Taruna kasar Kasih Ibu Kebun Binatang Kekerasan Wartawan Keluarga Kementerian Kendaraan Kendaraan Bermotor Kepala Daerah Cantik Kepala Desa Kesalahan Kesalahan Orang Lain Kesehatan Kesehatan amp; Gaya Hidup Kesehatan Keluarga Ketika Sebagian Yang Berhaji Itu Kera dan Babi Khas Kisah Inspiratif Knalpot Komisi Pemberantasan Korupsi Kopi Korban Penipuan Korea Korea Selatan Korupsi KPK Kreasi Kriminalitas Kuda Kuliah Kuliner Kuliner Banyumas Kulkas Lalat Tentara Hitam Laudya Cynthia Bella Laut Lembaga lembut Liburan Guru Lionel Messi Literasi Literasi Media Lonceng Longsor Lowongan Lowongan CPNS Lowongan Pekerjaan LPG 3kg Lukisan 3D Lukisan karpet Persia maaf Mahasiswa Berprestasi makan sehat Makna Haji Malam Satu Suro Mangut Sidat Mantan Murid Marka Jalan Mas Kawin Mata Dewa Mekah memaafkan Memahami untuk Membasmi Meninggal Menteri Menu Sarapan MetroTV Mitos Mobil Mobil Manual Momen Romantis Monyet Motor murid Museum Tino Sidin Naga Lima Napas Narkoba nasi bikin gemuk Nelayan Kebumen dan Cilacap Nengat Nikah Siri Nilai Yang Kita Sandang Nomor Viral Nyangkut Obat Terlarang Ojek Online Ojek Pangkalan Online Operasi Zebra Opini Opini/Perspektif orang lain Orang Tua Ormas Panatai Widarapayung Pancasila Panda Panduan Dosen Pantai Pantai Cilacap Pasar Gombong Pasien Oplas Paus PDIP Pejalan Kaki Pelat Nomor Pelayan yang malas Pelestarian Batik Pembangunan Pencuri Sekolah Pendidikan Antikorupsi Pengusaha Malaysia Penipuan Penyanyi Pernikahan Pernikahan Artis Pernikahan Warga Perppu Perppu Ormas Pertamina Pertamina Cilacap Pertanian Pesawat Piala Dunia 2018 Piknik di Kumbinesia Pil PCC Pilbup Banyumas Pilih Santan apa Susu? Pilkada Pilkada Banyumas Pizza pltpb banyumas Pohon Beringin Pojok Baca Pola Pikir Polisi Tidur Politik Politik Banyumas Polres Banyumas Presiden Jokowi Presiden Sukarno Profesor Pull Up Purbalingga Purwokerto Putusan MK Radio Raisa Andriana Raja Arab Raja Salman Rambut Rekor Dunia relax Relax/Kepo Resensi amp; Buku Elektronik Resep Soto Kecik ruang tamu Rumah Kena Petir Rusia Saka Tunggal Sakit Gigi Sampah Organik Sandalwood Sarapan Sate Kambing Sate Kebo Sate Kerbau Sayuran Semua Bisa Beraksi Sepak bola Sepeda Dari Presiden Jokowi Serambi UMKM Serangga Sidat Asam Manis Simpan Telur Simpanse Siti Masitha Situs SMA Pekalongan SMP Pekalongan Sosok Soto Sokaraja Sportomotif Starbucks Stiker Happy Family Stiker Mobil Stok Aman Suap Sudirman Said Sujiwo Tejo Sukabumi Suporter Timnas surat dari anak Suro Suzuki Carry Swiss taksama Taman Safari Indonesia Tamu Tak Diundang Tanaman Herbal Tanaman Obat Tas Kayu Tegal Tekno & Inet Tekno amp; Inet teknologi Telur Teman Sekantor Teratai Tersangkut Tertib Lalu Lintas Timnas tips menata ruangan Tips Mengemudi tips praktis tokoh Transimisi Otomatis Transportasi Online Trotoar Tuswadi Ubur-ubur Ulang Tahun UMKM UMP Undang-Undang Unik Upah Urban Farming Usaha Cuci Mobil Usaha Cuci Motor Video Video Lucu Wali Kota Wartawan Wirausaha Wisata Wisata Pantai Wisataliner Yogurt Youtube
false
ltr
item
taksama.id: "Duel" Ganjar-Sudirman Said di Kandang Banteng
"Duel" Ganjar-Sudirman Said di Kandang Banteng
taksama.id
http://www.taksama.id/2018/01/ganjar-sudirman-said-di-kandang-banteng.html
http://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/
http://www.taksama.id/2018/01/ganjar-sudirman-said-di-kandang-banteng.html
true
65439629817836164
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy